Selasa, 04 Agustus 2015

Bojonegoro-Nyangkut ke Kampung Orang

Liburan lebaran tahun ini, rada beda nih. Kali ini gw nyangkut mudik ke kampung orang. Kedua anak les gw (kakak-beradik), ngajakin ikut pulang kampungnya di Bojonegoro, Jawa Timur. Ini asli edisi mudik karena berangkatnya pake bus bareng karyawan orang tua mereka. Cukup membosankan di bus. Kerjaannya cuma ngobrol, makan, tidur. Berangkat tanggal 11 Juli jam 9 pagi dan sampe di Bojonegoro besoknya jam 5 pagi. Sungguh bikin tepos.
W/ Petra

Ngapain aja di kampung? Suasananya mirip-mirip live-in di pedesaan karna bapanya punya sawah, tambak lele, sama pelihara kambing juga. Tapi gw ga disuru tanem padi, kasi makan lele, sama bersihin kandang kambing kaya di tv kok. Gw cuma sempet main sekali ke tambak, nyobain mancing. Padalah mah, mancing di tambak pasti dapet lele nya lah ya. Sisanya yang gw kerjain, ga ada bedamya kaya di rumah. Bangun tidur, keluar beli makan, tidur siang, ngobrol-ngobrol, tidur lagi.

W/ Sara

Tapi sempet mampir ke daerah Lamongan, buat nginep di Tanjung Kodok Beach Resort. View nya asik banget, langsung ke arah pantai. Pas buat leyeh-leyeh seharian. Dan selain dapet breakfast, dapet juga kupon buat dinner, voucher disc 10% ke Wisata Bahari Lamongan sama Maharani Zoo&Goa. Sayangnya makanan buat breakfast sama dinner, ga enak buat ukuran hotel. Gw lupa nama restonya tapi yang letaknya di lantai bawah. Lunch kita makan di restoran lantai atas ga ada masalah dengan rasa. Walaupun bermasalah antara gambar di menu dengan makanan/minuman yang keluar ga sama. Jadi, kita pesen minuman karena ngeliat ada float-nya, tapi begitu minumannya keluar ga ada sama sekali itu float. Dan udah ditanya ulang, sesuai sama yang dipesen.

View dari balkon kamar

Kamar Hotelnya
Lumayan banyak spot bagus buat foto kekinian. Ala-ala candid gitu hahaha

Abis nginep sehari di Tanjung Kodok, balik lagi ke kampung. Jalan-jalan sedikit keluar rumah.
Wisata Api Abadi
Wisata api abadi, kaya cuma ada bara api yang ga pernah padam. Ada sejarahnya sih, cuma ga begitu paham.
Ngerong
Yang gw tau dari ngerong, itu berhubungan sama yang suci". Jadi di sana kolam ikan yang bisa buat berenang tapi ikannya ga boleh ditangkep. Di sana cuma kasih makan ikan-ikan terus balik.

Kalo di Jakarta udah jarang naik becak, di sini masih banyak becak sama delman. Dari rumah ke pasar naik becak 20ribu, karna jaraknya juga jauh.

Pas malem, kita main ke alun-alun cuma mau naik odong-odong. Udah gitu, pake rante sepedanya copot lagi di tengah jalan. Hahaha. Odong-odong nya ga segahoel yang di Jogja. Disini ga ada musiknya. Jadi agak garing gitu waktu di jalan.

Di sana, adat-istiadat silahturahmi masih berjalan. Jadi walaupun keluarga mereka ga merayakan tapi tetep banyak yang dateng buat sekedar salam-salaman ataupun ngobrol sebentar.
Nungguin tetangga dateng :)
Selama di Bojonegoro ya begitu" aja kerjaan gw. Ga bosen, tapi kaya kegiatan di rumah banget. Sebelom balik ke Jakarta, kira mampir di Sahid, Solo buat nginep. Supaya yang nyetir juga ga kecapean. Sampe Solo udah jam 9 malem, lumayan sayang leyeh-leyeh di hotel cuma sebentar. Besoknya lanjut jalan pulang, sampe di Jakarta tanggal 20 jam 5 pagi.


Selama perjalanan bapanya Petra emang hobi cerita gitu. Gw nangkep beberapa poin yang gw juga setuju. Kata oom, dalam pernikahan cuma ada 2 yang yang harus dilakuin, yaitu pengorbanan dan pengabdian. Di mana cewe harus ngorbanin kesenengan dia buat ngabdiin diri ke suaminya. Yang awalnya cewe cuma ngurusin keperluan dirinya jadi mesti ngurusin juga suami bahkan anak-anaknya. Begitu juga cowo, yang awalnya cuma cari makan buat diri sendiri jadi mesti kerja lebih keras buat ngasih makan istri dan anak-anaknya. Poin lain yang gw tangkep, oom bilang orang yang sakit hari itu orang yang bodoh. Ga ada seorang pun yang bisa bikin dirinya sakit hati, keciali se-izin dari dirinya. Karena yang namanya sakit hari, adalah keputusan dari dalam diri. Bukan karena perbuatan orang lain yang ga kita sukai.

Sekian cerita libur lebaran yang udah ngendon lama di draft :p

Update:
Lupa buat ngebahas makanan, di sana makanan paling banyak ditemuin pecel sayur sama bakso. Dan gw norak banget ketika liat ini. hahaha


2 komentar:

  1. cella, jadi jalan2 ke bojonegoro nya brp hari? hehehe.
    seru ya kalo ngunjungin kota2 laen yg sebelomnya ga pernah kita datengin. paling asik kalo bisa cicipin aneka makanan khas dari kota itu.. :D

    kalo bojonegoro, ada makanan khas nya ga cella?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seminggu di Bojonegoro nya ci. Ohh iya, lupa bahas makanannya. Di sana sih, banyakan penjual pecel sayur sama bakso ci.

      Hapus