Kamis, 17 November 2016

Pengalaman (Mau) Lasik di JEC Menteng

Hola. Kamu yang pertama kali mampir ke blog ini karena post ini, pasti lagi frustasi dengan kacamata tebel atau pun udah berencana mau lasik. Sebelom gw ceritain pengalaman lasik, gw curcol dikit ya. hehehe

Gw pun udah muak dengan pake soflens setiap hari dan kacamata tebel yang berat. Dari kelas 2 SD gw udah pake kacamata langsung minus sekitar 2.5. SMP mulai coba-coba pake soflens karena ngerasa nerd pake kacamata tapi sayangnya mata gw juga ada silinder yang ga bisa ke cover sama soflens warna-warni yang bikin gahoels itu. SMA baru lah gw tau ada soflens bening yang bisa cover silinder juga. Ya lumayan lah ya walaupun awal-awal ada mesti pesen dulu sekitar 1 bulan baru jadi dan harganya ga murah. Belakangan soflens yang gw pake, udah berjamur sebelum masa pakainya habis. Tekat pengen lasik pelan-pelan muncul dan gw mulai cari tau. Ditambah lagi liat Kevin Anggara sama istrinya Ernest Prakasa lasik dan bilang ngesel kenapa ga lasik dari dulu. Makin mupeng jadinya.

Gw pun mampir ke web JEC buat cari tau harga dan dokternya. Selain itu gw sampe chat via WA dan telepon buat cari info yang lebih jelas. Syarat udah gw penuhi (melepas soflens 14 hari) dan gw pun berangkat ke JEC dengan memilih dr. Yunia Irawati karena gw hanya mencari jadwal dokter yang cocok. Sederhana banget ya, tapi mau gimana juga namanya juga orang kerja. Cuti juga terbatas. Mudah-mudahan ini pilihan tepat.

Dr Ira praktek setiap Sabtu (9.00-14.00), Senin, Kamis (17.00-20.00), Selasa (17.00-19.30). Sebelum lasik, harus melalui test pra-lasik. Pertama ke ruang BDR (basic Diagnosis Room) di mana dilakukan pemeriksaan awal seperti di optik. Melihat gambar pada mesin, lalu ada tiupan angin, membaca huruf dan angka serta melihat kesimbangan war
Alat periksa di BDR

Setelah itu ke ruangan CDC (Comprehensive Diagnosis Center), test biometri (topografi mata), mengukur ketebalan kornea dengan melihat cahaya biru pada mesin (allegro oculyzer), Diberi obat tetes dan menunggu selama sekitar 15 menit untuk foto bola mata 8 posisi. Ini kaya difoto pake flash tapi di bola mata. Silau banget. Setelah selesai disini, gw dirujuk ke dokter retina untuk melihat apakah retina dalam keadaan baik (ada sobek/tidak). Saat periksa pra-lasik ga sakit tapi sebaiknya ga nyetir sendiri karena pulangnya bakal kaya masih sisa-sisa silau dan burem efek dari obat tetes.
Alat Test Biometri
Hasil Foto Bola Mata 8 Posisi

Pada hari test itu, gw ketinggalan melakukan test streak retinoscopy yaitu seperti mata disenter dan pemeriksa mencari ukuran minus sdan silinder yang bener-bener sesuai dengan keadaan mata gw *kalo ga salah*.

Biaya pra-lasik ini menghabiskan sekitar 3 juta *kekepin dompet*.

Pertemuan berikutnya gw melakukan pemeriksaan awal (check minus dan silinder) lagi dan menghabiskan 200 ribu karena konsultasi dokter free *lumayan banget sih ini*.

Dan hasilnyaaa gw ga bisa lasik saudara-saudara*garuk-garuk tanah*. Lumayan sedih tapi yaudahlah. Dokter bilang, ketebalan kornea gw tidak cukup untuk minus setinggi gw. Fyi, ketebalan kornea normal 500 sedangkan gw 480 dan 490 dengan minus sekitar 9 dan silinder 3.5. Kalaupun tetep mau lasik, lasiknya ada khusus gitu dan kira-kira akan menyisakan minus 4. Gw ga rela sih nebar duit 30 jutaan buat minus yang masih bersisa segitu banyak dan dokter pun tidak menyarankan lasik.

Lalu apa yang disarankan dr. Ira? Dr. Ira menyarankan buat meminta second opinion ke dr. Johan Hutahuruk yang spesialis di bidang kornea untuk tanam lensa. Saat itu pun, gw ngambang. Ga tau tanam lensa itu kaya apa dan gw rasa lebih menakutkan lagi daripada lasik.

Kemungkinan minggu depan gw baru mau konsultasi ke dr. Johan. Semangat buat kalian yang lagi cari info lasik! Semoga test-nya lolos dan lasiknya lancar. Feel free to ask mengenai test pra-lasik ya. :D

Update: Akhirnya gw memutuskan buat ga pergi dulu buat minta second opinian. Masih belom siap mental, biaya, ketidaknyamanan kalo at the end gw mesti tanem lensa. Hasil baca-baca dari pengalaman tanam lensa, bisa ada resiko mata ga nyaman dan pekerjaan gw ga memungkinkan. Secara seharian liat laptop. hehehe

9 komentar:

  1. Cel, temen gue ada yang -7.00 dan -8.00 ternyata ada elu yg lebih tinggi lagi ya, gak nyangka :o kok bisa SD kelas 2 gitu udah kena sakit mata trus lgsg gede, Cell? Sori ya nanya2 krn gue juga pake kacamata dari kelas 4 SD trus silinder jg, cuma gue masih pake softlens yang warna-warni buat gaya2an wkakaka *bused* nilai minusnya aja yang gua naikin.

    Anyway semoga hasil 2nd opinion dr Dr. Johan tidak mengecewakan ya, either itu lasik atau tanam lensa, all the best for you :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin waktu itu udah burem dari lama, cuma waktu kecil ga berani bilang atau males bilang kali ya. hehehe

      Hapus
  2. APAAAAA? 30 jutaa?? udah mending pake softlens aja. hahahaa. lelah2 deh. lol.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkk tergantung prioritas sih cii. Pake soflens seharian gitu juga ga enak. Ga bole malah seharusnya

      Hapus
  3. Wahhh baru tau ada yg ga bisa di lasik. Minusku jg tinggi sptnya 7.5 lebih gt.. pernah laser retina waktu persiapan melahirkan.. pernah jg tuh yg ditetesi obat mata dan disinar2 berasa silau bgt.. ga enak bgt hehe.. cm belum kepikiran mau lasik sih..

    BalasHapus
  4. Melahirkannya normal atau cesar ya kak? Katanya kl minus gbs normal ya???

    BalasHapus
  5. Apakah ada efek samping stlh 1 thn lasik?

    BalasHapus
  6. Hi, minggu lalu saya juga cek pra lasik di JEC dan ketebalan kornea saya juga kurang dari 500, yaitu 480. namun saya masih dapat melakukan lasik tanpa menyisakan minus, kemarin saya konsul dengan dokter tjahjono

    BalasHapus
  7. hi.saya berencana tanam lensa.nlh tw gk side effects yg berhubungan dgn kerja pake laptop apa y?.2 taon lalu pernah ke dokter tuk ngajuin tanam lensa tp akhirny ciut tuk tanam lensa.hehe

    BalasHapus