Rabu, 05 Februari 2014

Ngasdos

Happy CNY all! Makin sukses di tahun kuda kayu.

Buka taon kali ini udah kebagian hoki aja nihh.*yeay*
Edisi perdana menang GA dari ci Epoi. Hadiahnya diisiin pulsa 25 ribu. Ternyata eh ternyata 3 ga ada yang 25ribu dong, jadi diisiin 30ribu deh. Berasa dapet tambahan angpao aja.hihiihi.  Makasih ya ci Epoi *hug**kecup*

okaay, back to topic.. Emang apaan topicnya?hahaha. Kali ini cerita tentang lumayan ribetnya mau jadi asdos.

Akhirnya kesampean juga buat cari pengalaman jadi asisten dosen (asdos) setelah di PHP in beberapa kali.

Sekitar pertengahan bulan Desember 2013, gw udah siapin CV buat diserahin ke bagian admin. Gw ga baca pengumuman perekrutan secara langsung. Temen gw yang kasih tau bikin apa aja. Selang simunggu, dari kampus nelpon, suru dateng buat test ngajar dan dititipin pesen buat kabarin juga ke temen gw itu.

Gw yang polos, maen dateng aja tanpa mempersiapkan apa-apa selaen ilmu *cieileeh*. Ternyata yang dateng pada siapin slide sebagai bahan ngajar, termasuk temen gw. Makin minder dong. Secara yang laen kayanya mempersiapkan diri banget. Akhirnya gw cuma ngajar dari modul soal jawab kampus, itu juga minjem!hahaaha

Selesai test, katanya nanti dikabarin lagi sambil dititipin pesan-pesan sponsor. Kaya dresscode ngajar, harus berwibawa, dan cara ngadepin alesan-alesan klasik mahasiswa yang udah dihapal luar kepala sama dosen.

Awal Januari, dikabarin kalo gw keterima. Abis KRSan disuru atur, bisa ngajarnya kapan. Gw antara niat dan ga niat buat jadi asdos di semester ini. Rada takut keteteran, walaupun kalo ngajar pun cuma 1 kelas. 
Pas gw selesai KRSan, gw dateng ke ruang dosen ber 3an bareng temen gw yang keterima juga. Ternyata tinggal 1 kelas sisanya karena tiba-tiba ada senior yang mau ngisi 2 kelas. Jadilah 1 temen gw yang ambil karena jadwal dia pas dan emang dia udah niat banget. Gw sih berasa nothing to lose. Karena dari awal ga terlalu berambisi. Dosennya minta maaf, katanya semester depan deh ya..

Beberapa hari kemudian, gw ditelponin lagi. Ditanyain, mau ngajar ga hari Sabtu jam 7 pagi karena ada yang mengundurkan diri. Sayangnya gw lagi ada kelas, jadi mau ga mau tawaran gw tolak.hehehe. Gw pikir, fix semester ini ga ngasdos.

Waktu hari pertama masa aktif kuliah dan lagi bolos capcus ke Bandung, ditelponin lagi dong. Ditanyain (lagi), bisa ga kalo ngajar hari Rabu jam 1 siang,  ada kelas pecahan. Karena ga bentrok ama jadwal kuliah dan ngelesin, akhirnya gw ambil tawarannya. 

Mau ngajar pertama kali lumayan deg-deg an. Takut yang gw ajar ga ngerti. Takut ngajarnya kecepetan. Takut ngajarnya kelambatan terus bahannya ga selesai. Banyak ketakutan sebelom ngajar. Pas gw ngajar pertama kali kelas sepi banget! Dari 18 nama, cuma 8 orang yang dateng. Minggu ke2 yang dateng nambah jadi 14. 

Sungkannya adalah yang gw ajar ada yang 2 angkatan di atas gw. Dia aja sampe bingung mau manggil apa.hahaha. Tapi gw pikir yang paling penting saling hormatin aja lah.

Sekian cerita jadi asdos. Mudah-mudahan lancar 1 semester. Ada wejangan-wejangan buat newbie?*dadah-dadah sama yang udah biasa ngajar**colek ka Vira*


10 komentar:

  1. eh dirimu anak atma juga kan yah??
    bener ga sih? soalnya daku anak atma angkatan 2005 FKIP-BK...
    wah klo ngajar orang yg udh dewasa sebenernya lebih enak, jadi kek braintstorming kan or sharing...lebih enak abis jelasin tanya langsung masih ada yg g ngerti ato gmana...trus bisa d sharing sama temen-temen yg di kelas itu...klo aku plg suka ngajar trus aku bagi dalam grup, jd mereka saling belajar dr temen mereka juga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya anak atma..hehehe *tos*
      penyakitnya itu, biasanya pada malu kalo bilang ga ngerti -___-

      Hapus
  2. Wah keren Cell ngasdos.. Hihih aku gabisa kasih saran apa2 mungkin ya soalnya belum pernah jadi asdos hahaha.. Kayanya kalo ngajar yang angkatannya diatas kita jadi agak kaku gitu ya cell? Tapi gpp sih selama saling respect2an mah.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga keren sih ka..hahaha. Jadi agak sungkan aja gitu, takut jatohnya 'menggurui'

      Hapus
  3. keren banget cell... kalo di jurusan gua dulu, jadi asdos kerjaannya cuma ngurusin asistensi mahasiswa doang hahahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. asistensi mahasiswa gmana tuh maksudnya?

      Hapus
  4. hihihihi... Manteppp celll! sama kaya rere.. daku gak bisa kasih saran.. secara gw dulu ngajarnya anak TK. wkwkwkw..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha.. tapi lebih mending ngajar anak kuliahan deh daripada TK. Lari sana lari sini..

      Hapus
  5. Lu asdos trus ngelesin juga?? Kerennn bgt Cell masih kuliah udah bisa cari duit sendiri.. Dahh gak usah minder ma kk angkatan, pede aja :)

    Boleh tau ga Cell dirimu ngajar apa? *kalidilesingratis* muahaha.. becanda :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha cari duitnya ga seberapa sih.. buat cari pengalaman aja..

      les in akun atau anak SD biasanya.. mana mungkin yang belom lulus, ngelesin Master hihihi

      Hapus