Kamis, 03 Juli 2014

Pasport Online

Bikin pasport secara online udah mulai marak yahhh. Gw sendiri udah mempraktekan kemudahannya barusan. Sebenernya ade gw duluan yang jadi kelinci percobaan buat ngurus, baru gw sama nyokap ikutan. Kita bikin di kantor imigrasi Jakarta Pusat. Gw buat permohonan paspor baru, sedangkan nyokap permohonan perpanjang. Pasportnya udah habis masa berlakunya dari tahun 2014, dan baru diperpanjang lagi sekarang.

Jangan salah sewaktu mengisi data:
Perhatiin jenis permohonan, kalo bener-bener belom pernah, isi baru-paspor biasa. Tapi kalo udah pernah punya, pilih penggantian-masa berlaku. Sekalipun udah lama habis masa berlakunya. Orangtua temen salah ngisi ini, dan uangnya pendaftarannya hangus dan mesti daftar ulang lagi. Selain itu, Jenis paspor juga jangan salah. Pilih yang 48H perorangan, jangan mikirnya milih halaman yang dikit aja lah, Yang 24H itu, untuk TKI.

Sebelum daftar online, scan dulu data yang akan diupload. Gw sih scan nya Akta Lahir, KTP, dan KK. Ada beberapa pilihan (spt:akta kawin, dll) tapi yang wajib hanya 3 data. Stelah itu, tinggal meluncur ke http://www.imigrasi.go.id/ pilih layanan publik, terus layanan paspor online. Tinggal isi" data diri dan upload data yang diminta, setelah nunggu email yang berisi jumlah yang harus dibayar dan attach data yang harus dilampirkan saat pembayaran ke BNI. Biayanya Rp 255.000 + administrasi bank Rp 5.000 jadi Rp 260.000. Denger-denger sih biayanya naik Rp 100.000 bulan tapi gatau juga bener atau gosip.

Setelah membayar, konfirmasi lagi melalui online mengenai status pembayaran dan milih tanggal hadir di kantor imigrasi, setelah itu nunggu lagi balesan email yang berisi attach data yang harus di print. Ade gw yang kelinci percobaan, ga tau itu harus dilampirin. Makanya dy bolak-balik buat ngeprint lembar konfirmasi ini.

Sebelum dateng ke kantor imigrasi, check dulu data yang kita butuhin udah lengkap atau belom, bawa dokumen asli dan fotocopyannya dilembar A4 untuk permohonan paspor baru, untuk perpanjang sepertinya ga perlu dokumen asli (hanya fotocopyan), nyokap ga diliat sama sekali dokumen aslinya.
1. Fotocopy Akta lahir + asli
2. Fotocopy KTP + asli. Fotocopynya tetep dilembar A4 ya, jangan medit dipotong-potong, malah bikin salah dan fotocopynya atas-bawah, atas untuk KTP yang identitas kita dan bawah untuk peta indonesia.
3. Fotocopy KK + asli
4. Fotocopy Paspor lama halaman identitas (hlm pertama) dan halaman alamat (hlm terakhir) + asli -> untuk perpanjang

Lagi-lagi ade gw yang kelinci percobaan itu bolak-balik, ga tau dikerjain atau gimana deh. Dia di mintain ijazah, dengan alasan paspor baru, butuh bukti tambahan. Sedangkan gw tadi ga dimintain apa-apa sebagai bukti tambahan. Jadi siapin aja lebih baik daripada bolak-balik.

Gw dateng sekitar 6.30 dan kaget antrian udah panjang banget. Ternyata itu antrian yang 'walk in', untuk paspor online antriannya beda lagi dan gw dapet urutan pertama. Sedangkan yang walk in, ngantri jam 6 dapetnya nomor 30an. Nomor yang pertama x diterima, hanya untuk nomor antrian pengecekan berkas. Jadi kalo yang berkasnya ga lengkap, bisa aja nomor fotonya jadi belakangan.

Setelah dicheck kelengkapan data dan dikasih map, untuk permohonan paspor baru harus beli form di koperasi seharga 7500 karena form itu udah dikasih materai.
loket check berkas
Kalo udah beres, nunggu lagi buat foto. Gw nunggu sampe jem 8, semestinya semua loket buka jam 8 tapi mereka buka lebih pagi untuk loket pengecheckan berkas. Jadi mesti diacungin jempol.

Jem 8 naek, dapet nomor 13. Untuk KTP seumur hidup sama anak dibawah 1 tahun dikasih duluan soalnya dan urutan foto udah nyampur sama yang walk in.

Sekitar jam 8.30 gw udah selesai foto. Oh iya, inget juga buat foto ga boleh pake soflens. Sepertinya yang dimaksud soflens berwarna deh, gw pake soflens bening ga jadi masalah kq.

Pas gw foto, gw curi dengar gitu, ada seorang petugas yang nitipin map ke petugas yang fotoin buat diselipin foto tanpa harus antri, udah bagus-bagus birokrasinya tetep aja ada yang KKN yaahh. Haahaha.

Sekian cerita bikin paspor gw, paspornya udah bisa diambil 3 hari kerja dan ga bisa diwakilin
. Jadi sekarang mending jalan sendiri deh yaahh, daripada pake calo yang jatohnya mahal.

4 komentar:

  1. wah.. thank you cell untuk infonya.. bentar lagi gua juga mau perpanjang pasport.. asik.. tinggal buka blog elo aja neh.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayanya udh ada perubahan sistem cii.. baca updatean blog ceritabendi deh :)

      Hapus
    2. Buat saudara punya permasalahan ekonomi: hub aki santoro,karna saya sudah membuktikan bantuan aki santoro yang berminat,hub aki santoro di nomor 0823 1294 9955, atau KLIK DI SINI

      Hapus
  2. Thank u infonya cell. Kebetulan ayung mau biki paspor nih dan gw mau perpanjang juga

    BalasHapus