Senin, 28 Juli 2014

Seleksi TPA Beasiswa Djarum

Sekian minggu lalu, gw ngikut seleksi beasiswa Djarum tahap TPA (test Potensi Akademik) setelah ikut seleksi tahap administrasi. Ga tau telat atau engga tapi mudah-mudahan ini membantu buat temen-temen yang lagi mempersiapkan diri seleksi tahap TPA ini.

Seleksi TPA ini ternyata sepaket dengan psikotest dan langsung dilakukan saringan pada tahap ini, walaupun pada awal diberikan 3 hari jadwal seleksi. Kata panitianya sih ga ada quota khusus untuk tiap univ, jadi setiap yang memenuhi syarat akan masuk ke tahap selanjutnya. TPA sendiri dibagi menjadi 6 bagian soal. Kebanyakan dari soal mudah ke soal sulit.

Bagian 1: Diberikan cerita pendek kaya lagi ulangan Bahasa Indonesia tapi jawaban atas pertanyaan yang dikasih, lebih ke arah tersirat dan pengetahuan kita mesti luas. Contohnya, diceritain Andi melakukan ina itu. Pertanyaan adalah Andi sebagai terdakwa, tersangka, terpidana, dan lain-lain. Baca ceritanya jangan terlalu lama, karena ada 3 cerita dan ada 15 atau 20 pertanyaan yang harus di jawab. Waktunya ga dikasih tau, jadi jawab secepet mungkin.

Bagian 2: Soal TPA terhits. Cari kata keempat dengan mencari hubungan kata sebelumnya. Seperti, awan=biru rumput=... Jawabannya tau lah ya pasti, hijau. Latihan yang banyak sih, karna makin ujung soalnya makin ga ketebak hubungan katanya.

Bagian 3: Matematika dasar dalam bentuk soal cerita pendek. Contoh, harga minyak 1 liter Rp 200, ibu membawa uang sekian, ibu mendapatkan berapa liter minyak? Angkanya akan banyak pecahan.

Bagian 4: pengetahuan umum banget. Contoh pertanyaan-pertanyaan yang gw inget: dari mana asal Alfred Nobel, Tripoli ibukota negara apa, Ohm satuan dari apa, Albatros berpindah tempat dengan cara apa. Hanya itu pertanyaan yang gw inget.hehehe.

Bagian 5: Dikasih 6 deret angka dan kita harus melanjutkan 2 deret angka tersebut. Hubungannya bisa +,-,X,÷ tapi bisa juga X2+5 bisa juga dikalinya pecahan.

Bagian 6: Dikasih 2-3 premis dan kita menarik kesimpulan dari premis tersebut. Lama-lama mumet boo bacain premis dan ngambil kesimpulannya jadi bingung banget. Contoh: A utang sama B sekian. B utang sama C sekian. C bayar ke A sekian. Kesimpulannya adalah ... Karena ada pilihan jadi tambah bingung, mengecoh gitu.

Jawaban TPA dibuat di scanner dengan menyilang jawaban menggunakan pulpen hitam. Selanjutnya adalah psikotest. Psikotestnya kaya biasa yang udah tersohor banget. Ada 3 bagian psikotest.

Bagian 1: Wartegg, yang pernah psikotest pasti tau lah ya. Kita dikasih 6 kotak dengan simbol" tertentu untuk diteruskan gambarnya. Diminta urutan mengerjakan dan judul dari gambar tersebut.

Bagian 2: Menggambar pohon dengan ketentuan bukan pohon imajinasi. Selain menggambar, diminta juga memberikan jenis pohon apa yang digambar. Boleh searching dulu gih sebelom psikotest, temen gw lucu banget gambar pohon anggur padahalkan anggur tumbuhan merambat.

Bagian 3: Menggambar orang yang sedang melakukan aktivitas tapi ga boleh orang yang ada di ruangan seleksi dan tidak boleh artis idola. Selanjutnya diminta menulis nama, pekerjaan, sifat, aktivitas, dan lainnya.

Selesai TPA dan psikotest, kita boleh beristirahat sambil menunggu hasil dari panitia sekitar 1 jam.

Panitia mengumumkan peserta yang lolos ke tahap selanjutnya. Gmana dengan gw? Ga lolos dongss. Hahaha. Jadi gw ga bisa cerita banyak buat seleksi tahap selanjutnya. Dari cerita yang gw dapet, tahap selanjutnya adalah FGD (Forum Group Discussion) jadi kalian akan dikasih tema tertentu dan dikelompokkan dalam kelompok pro dan kelompok kontra. Katanya sih engga semua orang dapet kesempatan ngomong, karena waktu juga terbatas. Contoh temanya: pencabutan subsidi BBM.

Kalo udah dalam tahap FGD, sepertinya semua akan melanjutkan lagi ke tahap wawancara. Beda pewawancara beda juga waktu wawancara. Temen gw ada yang 15 menit tapi ada juga yang sampe 45 menit. Wawancara lebih ke arah menceritakan diri sendiri (kemampuan berorganisasi, menceritakan organisasi yang pernah diikuti dan lain-lain). Jadi, pewawancara hanya akan menimpali dari apa yang kalian ceritakan.


Sekian tahap seleksi Beasiswa Djarum yang gw tau, mudah-mudahan membantu kalian yang mencari tau apa seleksi yang akan ditempuh. Good luck guys! 

13 komentar:

  1. Gua uda lumayan sering ikut tes2 beginian dari SMA, kuliah, ampe kerja.. Semuanya butuh. Terbukti ga cuma kemampuan akademis aja yang dinilai tapi juga hal2 abstrak kya kejujuran, kecepatan berpikir, solving problem, etc.
    Anyway thanks for sharing! ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ur welcome :) Penasaran sih psikotest dinilainya gmana.. kadang merasa ga test kaya gitu kurang valid..

      Hapus
  2. gw inget pernah suruh gbr pohon, trus gw gambar pohon angsana hahaha
    gak ada test yg isinya angka semua yah dr ujung ke ujung, kertasnya gede ky koran isinya anfka semua nanti yg di depan arahin kita stop kita tandain kita udah smp mana (buat tau emosi kita stabil atau naik turun)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang djarum ga ada.. pernah test itu, di psikotest lain..hehehe

      Hapus
  3. Halo Cel, salam kenal :)
    Emang test buat beasiswa itu gampang2 susah ya, tapi bisa jadi pengalaman yang bagus ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo jg :)
      Iyaahh, dapet kesempatan aja udah seneng... kalo dapet beasiswanya apa lagi deh hehehe

      Hapus
  4. belum pernah cel gua ikutan beasiswa dengan harus ngikutin test2 ginian *dasar mahasiswi males lanjutin kuliah* hahaha.. tapi kalo test ditempat kerja sih ada. kurleb soal2nya kaya diatas. sama test personality. hehehee. :D terus semangat cel. siapa tau ada kesempatan dilain waktu. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lama" hapal sama soal testnya kalo mirip" hahaaha

      Hapus
  5. wah.. trimakasih mbak cell.. kebetulan saya lagi butuh banget info tentang seleksi beasiswa djarum,, soalnya saya belum pernah...

    BalasHapus
  6. terimakasih ya kk,,,,
    bermanfaat postinganya,,, :)

    BalasHapus
  7. gue dapat panggilan untk tes tahap kedua,, tapi blm ada persiapan,, bungung

    BalasHapus
  8. Thanks bgt postingannya, 2 minggu lg sya ikut tes nya doain ya semoga lancar dn lulus... amin

    BalasHapus
  9. Thanks bgt postingannya, 2 minggu lg sya ikut tes nya doain ya semoga lancar dn lulus... amin

    BalasHapus